Senjata Allah Sebagai Perlindungan (1)

Efesus Ephesians 6:10-18
2 Korintus 2 Corinthians 11:14, 15

Janganlah heran karena Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang

Firman Allah adalah senjata Allah secara rohani yang harus dikenakan orang-orang percaya dalam peperangan rohani melawan Sang Musuh dan pengikutnya yang disebut “penguasa-penguasa” dan “roh-roh jahat yang di udara.” Orang-orang percaya tidak bertempur secara fisik melawan darah dan daging tetapi lebih merupakan suatu peperangan rohani melawan kuasa-kuasa kegelapan.

Sebagai akibatnya dari kuasa kegelapan ini, sebagian orang telah menderita penyakit fisik, gangguan mental, percabulan, penyembahan berhala, doktrin palsu (1 Tim. 4:1), ramalan, berhubungan dengan roh orang mati, guna-guna, sihir, ilmu gaib dan ramalan bintang (Ul. 18:10-12). Tidak ada seorang Kristen pun yang boleh mengambil bagian dalam hal-hal ini. Ketika orang-orang Kristen di Efesus bertobat dari keterlibatan mereka dengan okultisme, ada pembaharuan besar.
Iblis berkuasa dan panjang akal, menggunakan setiap tipuan untuk menjerat (Ef. 6:11, 12). Meskipun demikian, biarlah kita tetap waspada dan menghadapi  situasi-situasi demikian dengan teologia yang benar. Allah berkata bahwa Iblis dapat menyamar sebagai malaikat terang, dan pelayan-pelayan-Nya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. “Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran” (2Kor. 11:14, 15).
Rasul Paulus menasihati orang-orang percaya di Efesus yang terlibat dalam pertempuran garis depan, agar mereka kuat dan mencari kekuatan di dalam kuasa Allah (Ef. 6:10), dan mempersiapkan diri mereka dengan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah (Ef. 6:11a).
RENUNGKAN: Pertempuran rohani menuntut kekuatan rohani, namun tidak semua penyakit mental disebabkan oleh roh jahat.
DOAKAN: Tuhan, biarlah saya tidak ceroboh dalam mengenal rencana jahat Iblis, yang menyamar sebagai malaikat terang supaya dapat menyesatkan manusia.

Leave a Reply