Penglihatan I: Perkataan Penghiburan

Zhakaria Zechariah 1:13
Yohanes John 14:1, 27

janganlah gelisah hatimu…”

“Lalu kepada malaikat, yang berbicara dengan aku itu, TUHAN menjawab dengan kata-kata yang ramah dan yang menghiburkan” (Za. 1:13). Allah Bapa berbicara di sini menjawab malaikat penerjemah, memberi kata-kata yang ramah dan menghibur. Ini juga harus menjadi contoh bagi kita sebagai duta Kristus. Kita memiliki pelayanan rekonsiliasi yang dipercayakan kepada kita. Ketika kita menghadiri sebuah kebaktian penghiburan, kita sering kehilangan kata-kata untuk menghibur keluarga yang berduka. Adalah baik untuk memberi mereka Firman Tuhan.

Sebagai contoh, Yohanes. 14:1, 27: “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.” Juga Mazmur 23, mazmur penggembalaan.

Zakharia membutuhkan kata-kata yang ramah dan menghibur bagi pelayanannya. Pesan malaikat bagi Zakharia adalah bahwa Tuhan tidak meninggalkan mereka, tetapi selalu konsisten menjaga mereka. Allah marah terhadap bangsa-bangsa yang membuat bangsa Israel menderita. Dia akan membuat Yerusalem makmur kembali (ay. 14-17).

Kita juga membutuhkan kata-kata yang ramah dan menghibur ketika kita singgah sementara di dunia yang melelahkan ini. Tentu saja jaminan kita bukan dalam hal-hal materi, tetapi dalam Injil kehidupan, karena inilah kuasa Allah untuk mengangkat dan membebaskan setiap jiwa yang terbelenggu.

RENUNGAN: Banyak orang yang membutuhkan perkataan yang ramah dan penuh kasih dari saya.

DOA: O Tuhan, berkati bibir saya dengan pujian dan nyanyian. Pelihara saya dari setiap ketidakramahan yang mungkin menyakitkan orang lain. Tolong saya untuk memperlakukan orang lain sebagaimana Engkau akan memperlakukan mereka. Amin.

Zechariah 1:13 Lalu kepada malaikat, yang berbicara dengan aku itu, TUHAN menjawab dengan kata-kata yang ramah dan yang menghiburkan.

John 14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

John 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Leave a Reply