HARTA ROHANI TUHAN

Maleakhi Malachi 3:16-18
Keluaran Exodus 19:1-8

Malachi 3:16-18   Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: “TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya.”  17 Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.  18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

“….maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa….”

Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia. Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.” (Mal. 3:17-18).

Maleakhi. 3:1-15 berhadapan dengan posisi istimewa bangsa Israel dan kasih Allah terhadap keturunan Yakub. Maleakhi juga berhadapan dengan pelanggaran bangsa Israel dan janji Tuhan di masa depan. Kehancuran keturunan Esau tercatat dalam Maleakhi.1:3-4. Para imam memberontak karena mereka melecehkan nama Tuhan yang kudus (Mal. 1:6, 11, 14b), mempersembahkan korban yang cacat (Mal. 1:7-10; 12-14a), dan memutarbalikkan Firman Tuhan yang menyebabkan banyak orang menjadi berdosa (Mal. 2:7-9). Tuhan mencela mereka dan memperingatkan para imam dan keturunannya bahwa mereka akan dihukum jika tidak bertobat (Mal. 2:1-3).

Tuhan juga berseru agar rakyat untuk bertobat (Mal. 3:6-7), sebab mereka telah tidak setia satu sama lain (Mal. 2:10), menceraikan istri mereka (Mal. 2:13-16), dan menikahi istri penyembah berhala (Mal. 2:11-12). Mereka mengklaim kejahatan itu baik (Mal. 2:17), melakukan sihir, perzinahan, berbohong, menipu, menindas, dan berlaku tidak adil (Mal. 3:5). Mereka juga memfitnah Tuhan (Mal. 3:13-15) dan merampok persembahan bagi Tuhan (Mal. 3:8-12).

Maleakhi merujuk kepada dua nabi: Yohanes Pembaptis yang memberitakan kedatangan Yesus Kristus yang pertama (Mal. 3:1a), dan Elia yang memberitakan kedatangan Yesus Kristus yang kedua (Mal. 4:5-6). Selalu ada sisa umat yang masih setia kepada Tuhan. Di tengah kemunduran rohani bangsa Israel, ada tersisa sejumlah orang yang taat kepada Tuhan. Yesus akan membawa bersamanya suatu kitab peringatan, dan mencatat nama orang-orang yang mengasihi dan takut kepada-Nya. Tuhan mendengar ibadah mereka dan akan memberikan mereka keamanan melewati masa kesengsaraan, ketika orang-orang jahat diadili, orang-orang yang tersisa ini akan menjadi milik kesayangan-Nya (Mal. 3:16-18).

RENUNGKAN: Takut akan Tuhan dan menjadi milik kesayangannya.

DOAKAN: Tuhan, tolonglah saya untuk takut akan Engkau.

Leave a Reply