HATI YANG SALEH

IBRANI 12:18-29
YESAYA 11:2

“…roh pengenalan dan takut akan TUHAN.”

Kita hidup di dunia yang berdosa ini, dan banyak orang yang hanya menikmati hidup mereka dan melakukan apa yang mereka sukai tanpa mempedulikan Allah dan Firman-Nya. Mereka tidak peduli apakah Allah itu ada. Mereka mendukakan hati Tuhan, menghujat nama Allah. Suatu hari, mereka harus mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka perbuat. Banyak orang yang menyangkal keberadaan Allah dan bahkan secara terang-terangan menyatakan kebencian mereka kepada Allah, Nama Allah, dan Firman-Nya dengan kata-kata, tulisan yang menghujat. Sungguh, “rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu” (Rm. 3:18, band. Mzm. 36:1). Orang-orang fasik yang gagal untuk takut akan Tuhan, beribadah kepada-Nya, percaya kepada-Nya, dan hidup kudus sesuai Firman Tuhan akan dihukum dan dikutuk. “Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik” (2Pet. 3:7).

Kita haruslah memiliki hati yang saleh! Hati yang saleh adalah hati yang takut akan Tuhan, dan sungguh “ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar” (1Tim. 6:6). “Ibadah” dalam bahasa Yunani adalah eusebeia, kata ini muncul lima belas kali. Eusebeia berarti “pengabdian, kesalehan terhadap Allah… secara harafiah berarti hormat kepada Allah… Menunjukkan sikap yang baik dan hormat kepada Allah ketika berbicara tentang orang Kristen, adalah sikap yang tepat untuk menghormati Allah… Ini menunjukkan suatu kehidupan yang bisa diterima Kristus, menandakan sikap yang benar dari seorang percaya kepada Kristus yang telah menyelamatkan dia“ (Dr. Zodhiates). Ini adalah “kesalehan, hormat, loyatitas, takut akan Tuhan… iman yang saleh… perbuatan saleh…” (BAGD). Jika kita memiliki hati yang saleh, kita akan takut akan Tuhan, beribadah kepada-Nya, percaya kepada-Nya, dan menjalani hidup kudus menurut Firman-Nya.

Roh Kudus adalah “…roh pengenalan dan takut akan TUHAN” (Yes. 11:2), dan Dia bisa menolong kita untuk mengenal Allah dan takut akan Dia. Semakin kita mengenal Allah, semakin kita akan takut akan Dia.

RENUNGKAN: Hati yang dipenuhi Roh Kudus tentulah hati yang saleh.

DOAKAN: Tuhan, tolonglah saya untuk lebih mengenal Engkau dan takut kepada-Mu.