KATA-KATA PENGHIBURAN

Dan kamu akan melihat tanda-tandanya dengan jelas.

JUMAT, 13 JULI 2012

1 Thessalonians 4:13-18
1 Corinthians 15:51-58

Apa perbedaan kebaktian pemakaman bagi orang Kristen dan non-Kristen? Bagi non-Kristen, kebaktian pemakaman merupakan perpisahan, sedangkan bagi orang Kristen, kebaktian pemakaman merupakan suatu penantian untuk bertemu kembali di kaki Tuhan Yesus. Orang non-Kristen bersedih dan tidak ada harapan bagi masa depan, sedangkan bagi orang Kristen, kematian semata-mata hanyalah tubuh yang tertidur, menantikan kebangkitan, sedangkan rohnya segera pergi kepada Sang Juruselamat (Pkh. 12:7, 2Kor. 5:8).

Berikut adalah sejumlah fakta kedatangan Kristus yang kedua yang dinyatakan dengan jelas dalam Alkitab:

  •  Terjadi pada waktu yang ditetapkan Tuhan
  • Terjadi seketika dalam sekejap mata
  •  Kristus akan datang dari sorga dengan suatu seruan
  • Suara penghulu malaikat akan terdengar
  •  Sangkakala akan berbunyi
  • Kristus akan membangkitkan orang-orang yang mati dalam iman
  • Dia akan mengubah tubuh orang percaya yang hidup pada waktu itu

Semua orang percaya, yang tubuhnya diubahkan ataupun yang dibangkitkan, akan bersama-sama diangkat ke awan, bertemu Tuhan Yesus di udara, dan akan bersama Dia selama-lamanya.

“Ini tentulah sangat menghibur para orang kudus yang teman-temannya telah meninggal, yang walaupun dipisahkan oleh kematian, namun jiwa dan tubuh mereka akan bertemu kembali, kita akan bertemu mereka kembali, dan kita bersama-sama mereka dan semua orang kudus akan bertemu Tuhan kita, dan bersama Dia selama-lamanya, tidak akan dipisahkan lagi dari Tuhan maupun dari saudara-saudara kita sampai selama-lamanya.

“Kita harus berusaha saling mendukung di saat duka, dan bukannya saling melemahkan atau mematahkan semangat, melainkan harus saling menghibur, dan hal ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh merenungkan banyak pelajaran yang baik dari doktrin tentang kebangkitan orang mati dan kedatangan Kristus yang kedua, serta kemuliaan para orang kudus pada hari itu.” (Matthew Henry).

JAWABLAH: Apakah berdukacita atas kematian orang yang kita kasihi merupakan hal yang salah?

 

KUTIPAN:Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian Firman Tuhanmu.” (Yesaya 40:1)