NABI ELISA

SENIN, 1 OKTOBER 2012

1 Kings 19:16; 2 Timothy 2:2

Nabi Elisa adalah seorang nabi yang hidup dalam masa Perjanjian Lama. Dia adalah pengganti Nabi Elia yang telah melayani Tuhan di bawah pemerintahan Raja Ahab dan anaknya, Raja Yoram. Nabi Elisa melayani lebih dari 50 tahun selama kekuasaan 4 raja. Kedua nabi ini melayani kerajaan Utara Israel dan memberi peringatan akan dosa-dosa mereka menyembah berhala dan agar mereka segera kembali kepada Allah Yahweh. Nabi Elia dan Nabi Elisa juga memperingatkan bangsa Israel akan datangnya penghakiman Tuhan. Mereka adalah dua nabi yang terbesar dalam Alkitab.

Kita belajar bagaimana Nabi Elia telah begitu setia dan taat kepada Tuhan. Salah satu tugasnya adalah mengurapi Elisa, seorang muridnya menjadi nabi. Dan Tuhan sendirilah yang telah memilih Nabi Elisa. Sebelum itu Nabi Elia sama sekali tidak mengetahui akan keberadaan Nabi Elisa.

Dalam 2 Timotius 2:2, Rasul Paulus berpesan kepada Timotius untuk mengajarkan kembali pengetahuan tentang Tuhan kepada orang-orang yang dapat dipercaya. Pernahkah kamu menonton para atlit berlari 4 kali 100 meter dalam pertandingan estafet? Setiap pelari dengan hati-hati akan memberikan tongkat estafet kepada pelari berikutnya. Tetapi dalam pertandingan iman, kecepatan bukanlah hal yang penting. Dan jumlah orang yang ikut dalam pertandingan estafet ini pun tidak diketahui oleh masing-masing orang. Bahkan jarak yang harus ditempuh oleh orang tersebut tidak diketahui. Karena pertandingan iman berakhir ketika Tuhan Yesus datang kembali.

‘Penyerahan tongkat estafet’ dari Nabi Elia kepada Nabi Elisa terjadi ketika Nabi Elia dibawa Tuhan ke surga di dalam kereta kuda berapi. Bahkan jubah Nabi Elia pun diserahkan kepada Nabi Elisa. Kita akan melihat banyak mujizat yang dilakukan oleh Nabi Elisa.

RENUNGKAN: Tuhan telah memilih Nabi Elisa. Dia kenal setiap orang.

DOAKAN: Bapa di surga, saya berdoa agar semua pemimpin gereja takut akan Engkau. Agar mereka terus melayani dan mengajar Firman-Mu dengan setia. Dalam nama Tuhan Yesus, amin.